Arsitektur komputer
Dalam bidang teknik
komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistemkomputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja,
dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache,RAM, ROM, cakram
keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene,
dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3
sub-kategori:
- Set
instruksi (ISA)
- Arsitektur mikro dari
ISA, dan
- Sistem
desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer, yaitu:
- Instructure
Set Architecture
-
Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin
berinteraksi dengan komputer.
- Hardware
System Architacture
-
Meliputi subsistem hardware dasar yaitu CPU, Memordan I/O system.
Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer, yaitu:
Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi
sistem komputer, yaitu:
- Tingkatan
Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang
paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software
ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan
mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau
menyediakan operasi yang diperlukan software.
2. Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan
dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine”
yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :
Keterangan :
- Physical
Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat
penting
2. Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan, memanipulasi, dan
mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3. Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin
dan secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang
dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan
dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri yang disangga
dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program
kontrolnya disebut mikroprogram.
4. Machine Layer
Adalah tingkatan yang paling bawah dimana program dapat
dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat
diinterprestasikan secara langsung oleh hardware
5. Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam
menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan
kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya
sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih
mudah.
6. Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang
memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan.
Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas
sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7. Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-use
struktur I/O
Organisasi
Komputer
adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit
operasional. contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Tujuan matakuliah ini adalah
mahasiswa bisa mengetahui konsep kerja dari komputer secara keseluruhan.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu
dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras
untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,
kinerja, dan target biayanya.
Struktur & Fungsi :
-Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.
-Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur.
Fungsi dari komputer adalah :
Struktur & Fungsi :
-Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.
-Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur.
Fungsi dari komputer adalah :
- Fungsi
Operasi Pengolahan Data
- Fungsi
Operasi Penyimpanan Data
- Fungsi
Operasi Pemindahan Data
- Fungsi
Operasi Kontrol
Unit Fungsional Dasar Komputer
Ada 5 unit fungsional dasar dari komputer :
Ada 5 unit fungsional dasar dari komputer :
- Input
- Memori
- Arithmetic
dan logic
- Control
- Output
Input diterima dari informasi yang diberikan
pengguna melalui alat-alat input, misalnya keyboard dan mouse. Informasi ini
lalu disimpan dalam memori komputer untuk penggunaan
berikutnya atau proses selanjutnya yang dilakukan oleh arithmetic dan
logic (ALU) atau bagian dari prosesor, untuk mendapatkan pengolahan
yang diinginkan. Lalu, hasil pengolahan ini dikirim balik ke pengguna dengan
alat output, seperti monitor dan speaker. Semua proses di atas
dikoordinasi oleh unit kontrol.




0 Comments: